Wow it’s been age, wow dah lama sekali ya ga berbagi sambil menikmati secangkir kopi bareng ^_^. Yo s...

Pengenalan Bahasa C


Wow it’s been age, wow dah lama sekali ya ga berbagi sambil menikmati secangkir kopi bareng ^_^. Yo setelah berpetualangan mencari kesegaran dan pengalaman yang menyenangkan, setelah berganti-ganti mencoba pekerjaan baru akhirnya menjadi seorang pedagang kopi keliling lagi :D. But it’s oce, oce kita sudahi curcol-nya kita akan berbagi tentang salah satu bahasa pemograman, yup kita akan share tentang pemograman C. Why C? Ehm... mungkin alasannya karena kemarin ada seorang pelanggan kopi saya bilang jika kita ingin menjadi “elite” maka harus bisa C. Apa ini benar? Mungkin saja, karena C merupakan bahasa ibu dari banyak bahasa pemograman  tingkat tinggi seperti C++, Java,PHP,dll.
So, apa yang harus kita siapkan untuk belajar C? Kita siap kan dulu A ma B :D,,,,yang harus kita siapkan adalah sebuah compiler karena source code kita nanti harus di compile menjadi biner agar bisa di-execute. Banyak compiler C di internet kaya GCC, eclipsce,microsoft visual C,dll tapi gw lebih suka GCC karena ringan di PC dan sudah ada di dalam paket instalasi ubuntu dan mayoritas dari sistem “penguin” :D. Buat pengguna “jendela” ada sebuah program GCC dari MingGW. MingGW ini adalah berisi perintah-perintah linux untuk windows, didalamnya sudah ada GCC seperti di linux.   
GCC menurut manualnya adalah sebuah kumpulan dari banyak compiler yakni C, C++, C-objective (bahasa pemograman buat lingkungan MacOS dan i-phone), asembler. Oh iya GCC ini jalan dari dalam terminal (command prompt di windows) jadi jangan berharap ada tampilan kaya waktu kita pemograman java dengan netbeans yang ada menu-menunya. Tapi jika anda ingin seperti itu anda bisa menggunakan Eclipse atau Pelles C.
Berikut ini adalah struktur dari sintax C,
#include
main ()
{
  printf("Selamat datang di Warungkopidigital \n");
}
Tampilan di Windows
 
Tampilan di Linux:
Diatas adalah contoh program kita lihat bahwa setelah kita meruning command GCC welcome.c akan tercipta file a.out (a.exe di windows) yang merupakan file biner dari program kita ketika program di running dengan mengetik ./a.out (a.exe di windows) program kita di jalankan oleh sistem dengan mengeluarkan output “Selamat datang di Warungkopidigital”. Ehm.. kalo kita ingin memberi nama pada program kita bukan a.exe / a.out kita bisa menggunakan sintax gcc –o namaprogram namafile.c maka nama file biner akan sesuai dengan nama yang kita inginkan.  Kita akan membahas mengenai struktur sintax code C lainnya lain pertemuan berikutnya karena kopinya dah habis terjual saatnya pulang :D.